Jenis Bunga Bougenville yang Memiliki Keistimewaan Tersendiri

Diposting pada

Sebagian banyak orang, menanam bunga-bunga dirumah merupakan sebuah keindahan yang dan ketentraman tersendiri. Karena bunga-bunga yang memiliki bermacam warna serta jenis dan bentuknya masing-masing dapat memanjakan pandang mata.

Salah satunya bunga bougenville, bunga yang tipis mirip seperti kertas ini, banyak ditanam oleh hampir seluruh masyarakat Indonesia karena tak hanya akan keindahan warna dan bentuknya yang kerap kali sering dijadikan mainan masak-masakan oleh kebanyakan anak-anak, bunga bougenville ini juga memiliki banyak manfaat dan keistimewaannya tersendiri.

Pembersih Udara

Selain corak warnanya yang indah untuk pandangan mata, bunga bougenville salah satunya berfungsi untuk pembersih udara. Bunga bougenville ini menurut beberapa peneliti mampu menyerap debu dan mengurangi bau dari gas buang kendaraan.

Hal ini terbukti atas ditanamnya 100 ribu bunga bougenville sepanjang jalan Sudirman sampai dengan MH Thamrin oleh gubernur Jakarta Anies Baswedan. Anis Baswedan yakin dengan penanaman bunga bougenville secara massif tersebut mampu menyerap polutan di area jalan protokol utama ibukota.

Namun tidak semua jenis bunga bougenville memiliki kemampuan dapat membersihkan udara, hanya bunga yang berwarna merah dan oranye. Bunga bougenville merah atau disebut Bougainvillea Glabra, memiliki kemampuan paling tinggi untuk polusi dan bau menyengat nitrogen dioksida (nirit/NO2) yang berasal dari gas buang kendaraan.

Sedangkan bunga bougenville oranye atau disebut Bougainvillea Spectabilis, di beberapa negara berkembang menunjukkan, daun dari tumbuhan Bougainvillea Spectabilis telah lama digunakan secara tradisional untuk pengobatan diabetes melitus di negara-negara asia dan india bagian barat. D-pinitol (1D-3-0-methyl-chiroino-sitol), sebagai analog 3-methoxy D-chiroinositol, telah teridentifikasi sebagai komponen aktif dari tumbuhsn tersebut, dan diketahui mampu menurunkan kadar glukosa.

Sebagai Estetika

Bunga bougenville yang memiliki banyak warna warni yang mencolok juga membuat orang yang melihatnya merasa senang dan nyaman. Bunga bougenville dapat membantu mengurangi setress, hal ini terbukti oleh hampir seluruh di daerah Indonesia pemerintah daerahnya menanam bunga bougenville di jalan-jalan protokol.
Warna warni bunga bougenville yang menghiasai jalanan maupun perumahan, ternyata memiliki banyak jenisnya.

Berikut adalah Jenis jenis Bunga Bougenville

  • Bunga Bougenville Afterglow

Bunga Bougenville Afterglow

Bunga yang bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun ini sering ditanam dihalaman rumah, pekarangan, kebun bahkan atap rumah. Bunga bougenville jenis ini memiliki varian warna seperti merah muda serta coral.

  • Bunga Bougenville California Gold

Bunga Bougainvillea California GoldJenis bunga ini memiliki warna emas ke jingga di gradasi kelopak bunganya. Bunga bougenville jenis ini juga memiliki sifat mengugurkan bunganya dengan cepat tak lama setelah bunga-bunganya bermekaran.

  • Bunga Bougenville Gold Rush

Bunga Bougenville Gold RushMeski sama-sama berwarna keemasan, bunga yang satu ini memiliki kelopak kuning keemasan yang jauh lebih cerah dan mencolok dibandingkan jenis sebelumnya.

  • Bunga Bougenville Bambino Baby Allison

Bunga bougenville bambino baby allison memiliki warna pink keunguan di kelopak bunganya. Jadi cocok untuk para pink lovers untuk memberi kesejukan dan ketenangan melalui tanaman hias ini.

  • Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren

Bunga bougenville jenis ini umumnya mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga di akhir musim gugur. Bunga yang memiliki warna keunguan ini sering kali dijadikan pajangan untuk halaman rumah masyarakat penggemar tanaman hias.

  • Bunga Bougenville Baby Victoria

Bunga bougenville jenis ini selalu mekar sepanjang tahun. Bunga ini memiliki warna magenta dan keunguan dan disertai dengan daunnya yang memiliki ciri khas tersendiri yang indah.

  • Bunga Bougenville Cherry Blossom

Bagi pecinta kpopers dan japanes, bunga bougenville jenis ini juga dapat dijadikan alternatif lain untuk dijadikan pajangan karena warnanya yang menyerupai bunga cherry blossom Korea dan Sakura Jepang.

  • Bunga Bougenville Coconut Ice

Jenis bunga satu ini memiliki jenis kombinasi warna paling banyak dan juga akan selalu mekar sepanjang tahun. Warna putih yang melambangkan kesucian, membuat rasa sejuk dan nyaman serta menenangkan batin.

  • Bunga Bougenville Alexandra

Bunga bougenville jenis ini memiliki warna yang hampir menyerupai dengan jenis Bunga Bougenville Bambino Baby Lauren, karena memiliki warna yang sama-sama ungu. Hanya saja, bunga bougenville jenis ini memiliki warna ungu yang lebih mencolok dan lebih menyala. Bunga bougenville jenis ini mengugurkan daunnya hanya pada waktu-waktu tertentu.

  • Bunga Bougenville Barbara Karst

Bunga bougenville jenis Barbara Karst ini memiliki warna yang hampir mirip seperti Bunga Bougenville Bambino Pedro dan Bunga Bougenville Baby Victoria. Perbedaannya, bunga bougenville jenis ini memiliki warna merah yang lebih mencolok dan lebih tua serta magenta dari pada bunga bougenville jenis after glow. Sedangkan warna pada daun Bunga Bougenville Barbara Karts memiliki warna hijau seperti daun-daun pada jenis bunga bougenville lainnya, berbeda dengan bunga bougenville jenis baby victoria yang memiliki warna ciri khas tersendiri pada daunnya.

  • Bunga Bougenville Bambino Majik

Bunga bougenville jenis ini memiliki warna gradasi ungu ke putih di kelopaknya. Bunganya mekar berulang kali dan dedaunannya berwarna hijau sepanjang tahun .

  • Bunga Bougenville Pedro

Bunga jenis ini memiliki warna merah serta merah tua. Bunganya mekar hampir setiap musim.

  • Bunga Bougenville Bambino Ningili

Bunga bougenville jenis ini memiliki warna merah muda seperti Bunga Bougenville Bambino Baby Allison. Hanya jenis bunga bambino ningili memiliki warna pink atau merah muda yang lebih lembut serta serbuknya juga menyerupai warna kelopak bunganya.

Selain memiliki keistimewaan tersendiri pada warna-warna pada setiap jenis bunga bougenville, ternyata bunga bougenville juga memiliki mitos yang tidak baik untuk hubungan rumah tangga.
Menurut beberapa mitos dan kepercayaan lokal, adanya bunga bougenville di rumah akan mengakibatkan penghuni rumah ingin melakukan selingkuh, selain itu, dalam soal keuangan, dapat mengakibatkan seringnya kebohongan dalam hal keuangan rumah tangga.

Namun, bunga bougenville memang lebih tepatnya ditanam dan ditaruh di halaman depan rumah atau kebun, sebab bunga bougenville meemiliki duri yang dapat melukai orang yang bertamu ke rumah.

Terlepas dari mitos tersebut, bunga bougenville memiliki nuansa sejuk dan asri. Hal ini terbukti oleh daerah Singkawang di pulau Kalimantan yang memiliki Taman Bukit Bougenville. Di Taman Bukit Bougenville di Singkawang, Kalimantan hampir semua bunga di taman ini didominasi oleh Bunga Bougenville.

Selain itu bunga bougenville juga dapat dijadikan sebagai obat yang berkhasiat bagi tubuh manusia serta bunga bougenville dapat membuat nuansa hati seseorang yang tadinya emosi dapat menjadi sejuk dan tenang, karena warna-warna bunga bougenville yang menarik indah dipandang mata.

Bunga bougenville juga dapat dijadikan hiasan untuk halaman depan rumah, sebagai penyambutan selamat datang para tamu sehingga, tamu-tamu yang datang ke rumah membawa aura positif.
Umumnya, bunga bougenville banyak dijumpai di taman-taman maupun hutan kota karena tanaman ini dipercaya dapat memberikan aura positif kepada orang-orang karena warna-warnanya yang memiliki bermacam warna serta jenisnya yang indah untuk estetika pandangan mata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *