Budidaya Buah Markisa dan Kenali Manfaat untuk Kesehatan

Diposting pada

Buah markisa merupakan salah satu buah yang unik dan bisa ditemui dengan mudah di Indonesia. Tanaman markisa biasanya banyak ditanam sebagai tanaman hias di halaman rumah. Jenisnya yang merambat, membuat markisa banyak ditanam untuk dijadikan kanopi yang indah. Selain bisa dijadikan tanaman hias, buahnya juga mengandung banyak manfaat ketika dikonsumsi.Buah Markisa

Bagi sahabat tani yang ingin mencoba budi daya atau sekedar menanam markisa sebagai tanaman hias, sebaiknya lakukan budi daya dengan tepat. Tanaman markisa yang dibudidayakan dengan tepat akan menghasilkan buah yang enak dan segar ketika dimakan. Selain dimakan langsung, Anda juga bisa mengolah markisa menjadi berbagai macam minuman segar pelepas dahaga.

Budidaya Markisa

Markisa merupakan buah yang kaya akan mineral dan vitamin yang sangat bermanfaat. Tanaman ini memiliki ciri batang yang berbentuk kecil dan tumbuh merambat, oleh karena itu tanaman ini akan membutuhkan tempat untuk merambat.

Markisa termasuk ke dalam tanaman sub tropis, bagi sahabat tani yang ingin menanam markisa, sebaiknya lakukanlah di lahan yang gembur. Berikut merupakan cara menanam markisa agar menghasilkan buah yang enak dengan hasil yang optimal.

  1. Persiapan Bibit Tanaman

bibit buah markisaUmumnya, tanaman markisa yang banyak dibudidayakan merupakan markisa ungu dan markisa kuning. Markisa ungu memiliki batang yang cenderung kecil, perakaran dangkal, dan tidak terlalu tahan terhadap nematoda. Sementara itu, markisa kuning memiliki batang yang lumayan besar, perakaran dalam, dan tahan nematoda. Namun, rasa markisa kuning lebih asam.

Jika sahabat tani ingin mendapatkan markisa yang bagus dengan rasa yang enak, maka Anda perlu menanam dengan teknik sambung. Bibit untuk melakukan teknik sambung berasal dari perpaduan markisa ungu dan markisa kuning.

Buah Merah Papua yang Kaya Manfaat

Cara Menanam Tomat yang Mudah Dipahami

Yuk Simak 2 Cara Budidaya Melon Lengkap

  1. Persiapan Lahan Tanam

Sebelum menanam markisa, sahabat tani harus melakukan olah tanah terlebih dahulu, mulai dari pembersihan sampai siap tanam. Lubang tanam yang digunakan berukuran 50 x 50 x 50 cm.

  1. Penanaman Markisa

Saran agar markisa dapat tumbuh dengan optimal, sahabat tani perlu menanam dengan jarak 2 x 5 m. Saat menanam markisa, Anda perlu menyiapkan tiang rambat, karena markisa merupakan tanaman yang merambat.

  1. Tahap Pemupukan

Pemupukan merupakan bagian yang penting dalam budi daya markisa, agar berbuah dengan optimal. Pemupukan bisa dilakukan dengan cara interval, yaitu tiga kali dalam setahun, mulai bulan November sampai Mei. Sahabat Tani bisa menggunakan pupuk makro, misalnya urea, TSP, dan KCl. Selain pupuk makro, Anda juga akan membutuhkan pupuk organik untuk digunakan sebagai pupuk dasar.

  1. Tahap Pemeliharaan Tanaman

Setelah menanam markisa sesuai dengan yang disarankan, Anda juga harus memelihara tanaman markisa dengan rajin dan tepat. Penyiangan merupakan salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Supaya unsur hara dalam tanah tidak terserap oleh gulma, Anda harus mencabut gulma tersebut ketika terlihat. Sehingga, kebutuhan unsur hara tanaman markisa bisa terpenuhi dengan optimal.

Pengairan tanaman markisa juga perlu dilakukan secara rutin. Pengairan dilakukan, ketika tanaman sudah mulai berbunga dan berbuah. Ketika buah sudah akan panen, sahabat tani perlu menambah skala pengairannya lagi. Jika tanaman kekurangan air, maka buah yang dihasilkan akan mengerut dan rontok sebelum buah tersebut matang.

Selain penyiangan dan pengairan, Anda juga perlu melakukan pemangkasan. Pemangkasan dilakukan dengan tujuan agar pohon bisa menghasilkan tunas baru. Proses pemangkasan dilakukan setelah Anda melakukan panen markisa.

  1. Pengendalian Penyakit dan Hama

Jika Anda melihat tanda-tanda tanaman markisa terserang hama atau penyakit, maka Anda harus cepat bertindak dan menanggulanginya. Biasanya, hama yang menyerang markisa adalah nematoda bengkak akar, kutu akar, kutu daun menguning, serta lalat buah. Sahabat tani bisa mengatasi hama tersebut menggunakan insektisida yang tepat dan digunakan sesuai anjuran.

Apabila tanaman markisa mengalami penyakit layu, busuk leher akar, atau mati pucuk, maka Anda bisa mengatasinya menggunakan fungisida.

  1. Pemanenan Buah Markisa

Umumnya, panen buah akan terjadi jika tanaman sudah berumur 9 sampai 10 bulan. Buah yang matang akan berwarna kuning atau ungu tua. Buah memerlukan waktu 70-80 hari untuk matang sepenuhnya. Markisa yang sudah matang akan jatuh sendiri dari pohonnya.

Manfaat Buah Markisa bagi Kesehatan

Buah markisa memiliki aroma yang harum dan rasa buah yang manis. Ketika Anda membuka kulitnya, Anda akan melihat banyak biji markisa yang terlihat seperti selasih. Selain dimakan langsung, banyak industri makanan yang membuat markisa menjadi sirup yang menyegarkan. Selain rasa yang enak, ternyata markisa juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, yaitu:

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Markisa merupakan buah yang mengandung banyak vitamin C. Manfaat vitamin C dalam markisa yaitu mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, Anda juga akan terhindar dari pilek dan kerusakan sel yang disebabkan oleh berbagai hal. Vitamin C mampu menangkal radikal bebas dengan cara mempercepat penyerapan zat besi.

  1. Sumber Serat bagi Tubuh

Tubuh manusia membutuhkan asupan serat setiap hari. Selain mengandung vitamin C, markisa juga memiliki kandungan tinggi serat. Serat berfungsi dalam melancarkan proses pencernaan, menjaga supaya tetap kenyang, serta mencegah sembelit atau susah buang air besar. Serat juga memiliki manfaat dalam menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  1. Sumber vitamin A

Jika banyak buah yang jarang dikonsumsi beserta bijinya, berbeda dengan markisa yang bijinya memang untuk dikonsumsi. Biji markisa mengandung vitamin A yang bisa memenuhi konsumsi vitamin A harian sebesar 8%. Vitamin A merupakan zat yang penting untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh, mata, dan sistem reproduksi.

8 Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

5 Tahapan Mudah Budidaya Jambu Air

Ketahuilah Segudang Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Markisa merupakan buah yang memiliki kadar indeks glikemik yang cukup rendah. Sehingga, buah ini tidak akan membuat kadar gula darah naik dengan signifikan. Markisa aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Namun, sebaiknya sebelum mengonsumsi markisa penderita diabetes harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Memelihara Kesehatan Jantung

Serat yang terdapat dalam markisa tidak hanya bagus untuk menjaga sistem pencernaan, tetapi juga memiliki peran dalam mengeluarkan kolesterol berbahaya yang ada di dalam darah. Kandungan potasium dan serat pada markisa memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan jantung sahabat tani.

Manfaat lain dari markisa yaitu untuk memelihara kesehatan jantung juga didukung dengan kemampuan kandungan buah dalam menstabilkan tekanan darah. Markisa juga adalah salah satu buah yang rendah sodium.

  1. Menaikkan Fungsi Insulin

Kandungan piceatannol yang terdapat dalam buah markisa berguna untuk menaikkan sensitivitas insulin. Oleh karena itu, fungsi insulin menjadi meningkat dan risiko terkena diabetes menjadi lebih kecil.

Terdapat sebuah riset yang menjelaskan, jika kandungan piceatannol yang ada dalam markisa mampu meningkatkan sensitivitas insulin, serta metabolisme yang dapat membantu proses pengubahan gula menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh.

  1. Membantu Mengurangi Kecemasan

Magnesium merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam markisa yang berfungsi mengurangi rasa stres dan cemas. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk lebih mengetahui manfaat magnesium yang terdapat dalam markisa.

Buah markisa yang sering ditanam sebagai tanaman hias, ternyata menyimpan banyak manfaat bagi tubuh manusia. Bagi sahabat tani yang tertarik menanam markisa, tidak perlu merasa ragu lagi, karena markisa sangat cocok ditanam bagi Anda yang masih pemula. Markisa bisa juga dibudidayakan dengan tujuan komersial.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *