Berbagai Manfaat Daun Pandan Bagi Tubuh

Diposting pada

Bagi Anda yang suka memasak, pastinya sudah tidak asing dengan bumbu dapur yang berupa daun pandan. Selain wanginya yang memberi aroma sangat khas pada kue, daun ini ternyata dapat berguna bagi tubuh. Manfaat daun pandan didapat dari kandungan alaminya seperti tanin, glikosida, dan alkaloid. Kandungan tersebut dapat merawat tubuh agar tetap sehat dan cantik.

Manfaat Daun Pandan
Daun Pandan

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan

Daun pandan diketahui memiliki kandungan penurun suhu panas dan dapat memberi sensasi dingin pada tubuh. Selain itu, dipercaya juga dapat mengeluarkan dan membersihkan racun-racun yang mengendap dalam kulit. Bahkan saat ini, sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan daun pandan sebagai bahan utamanya. Berikut kegunaan daun pandan untuk kecantikan.

  1. Sebagai Detoksifikasi

Air rebusan atau seduhan dari bubuk daun pandan, bisa Anda gunakan sebagai detoksifikasi. Dengan kandungannya, daun pandan ini mampu membersihkan organ hati dari berbagai racun. Dengan begitu tubuh yang sudah terbebas dari racun akan menampakkan kulit yang bersih dan sehat. Untuk membuatnya, sahabat tani hanya memerlukan 1 lembar daun pandan saja.

  1. Sebagai Steam Facial

Bagi sahabat tani yang mempunyai masalah kulit kering, kulit kusam, dan berminyak. Anda bisa melakukan facial steam menggunakan air rebusan pandan. Uap yang keluar akan membuat pori-pori kulit terbuka, sehingga semua kotoran keluar dan kulit menjadi halus. Kandungan minyak esensial pada daun pandan, memberikan aroma yang menenangkan dan meredakan sakit kepala.

  1. Sebagai Penghilang Komedo

Menghilangkan komedo dapat  menggunakan masker daun pandan. Sahabat tani memerlukan bahan lain yaitu,  1/2 sendok air perasan daun pandan, 1 buah pisang kecil, 1/4 sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok teh madu. Kemudian campurkan semua bahan sampai halus, lalu aplikasikan ke wajah secara merata dan tunggu hingga kering, lalu bilas dengan air.

  1. Sebagai Pengangkut Sel-Sel Kulit Mati

Sahabat tani bisa menggunakan daun pandan yang sudah dihaluskan sebagai body scrub untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati di tubuh. Caranya sangat mudah, siapkan satu lembar daun pandan, kemudian cuci hingga bersih. Setelah itu, haluskan daun pandan menggunakan alat yang bersih. Campurkan dengan minyak zaitun dan madu, body scrub bisa langsung digunakan.

  1. Sebagai Obat Penghilang Panu

Masalah jamur di kulit atau panu, sudah sangat umum dialami masyarakat. Infeksi ini dapat mengakibatkan kulit terasa gatal. Salah satu manfaat daun pandan yaitu bisa digunakan sebagai obat panu. Cukup dengan menumbuk daun pandan sampai halus, kemudian air perasannya dikonsumsi secara langsung dan harus rutin, satu hari satu kali selama tiga hari berturut-turut.

  1. Menghilangkan Ketombe Rambut

Air perasan dari daun pandan, dinilai efektif untuk membantu masalah rambut, seperti ketombe dan kulit kepala gatal. Sahabat tani hanya perlu menghaluskan sekitar sepuluh lembar daun pandan, kemudian dicampurkan dengan air sebanyak setengah gelas. Setelah itu, air campuran dioleskan ke kulit kepala sampai merata, tunggu sampai 30 menit kemudian bilas dengan air.

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

Selain untuk kecantikan, kegunaan dari daun pandan ini bisa juga membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat tertentu, dapat terbantu dengan daun pandan. Daun pandan ini bisa dikatakan merupakan obat herbal, yang bisa membuat tubuh menjadi sehat, mengingat tidak akan ada efek samping yang akan dirasakan.

  1. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Air rebusan daun pandan nyatanya bisa digunakan sebagai obat alternatif yaitu untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Selain karena manfaatnya, proses pembuatannya juga sangat sederhana. Cukup dengan merebus beberapa lembar daun dengan 3 gelas air, tunggu hingga mendidih, kemudian minum air rebusan daun tersebut.

  1. Membantu Mengatasi Rematik

Daun pandan juga dapat membantu dalam mengatasi penyakit rematik. Penyakit ini, biasanya diderita oleh lansia, akan tetapi bisa juga menyerang orang yang berusia 40 tahun. Caranya sangat mudah, Anda hanya memerlukan daun pandan yang sudah dipotong-potong. Kemudian, seduh dengan air mendidih menggunakan minyak kelapa. Setelah itu, oleskan ke bagian tubuh yang sakit.

  1. Menghilangkan Pegal-Pegal

Salah satu kegunaan lain dari daun pandan yaitu membantu untuk menghilangkan pegal-pegal. Daun pandan merupakan obat alternatif yang cocok bagi Anda. Cukup dengan menyiapkan 5 lembar pandan dan 20 daun serai, kemudian dihaluskan dan dicampur dengan minyak kayu putih atau gandapura, Anda sudah bisa mengoleskannya ke bagian tubuh yang sakit.

  1. Mengatasi Syaraf yang Lemah

Selanjutnya daun pandan ini juga bisa digunakan oleh sahabat tani untuk  mengatasi syaraf yang lemah. Dengan menyediakan 3 lembar daun pandan yang sudah dicuci dan dipotong, kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih selama 2 menit, Anda bisa langsung mengonsumsinya. Air tersebut harus dikonsumsi secara rutin, selama dua kali sehari hingga pulih.

  1. Menyembuhkan Sembelit

Sembelit menjadi gangguan perut yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Air rebusan daun pandan dapat menjadi solusi yang tepat bagi sahabat tani yang mengalami sembelit. Dengan mengonsumsinya secara rutin saat siang dan malam, sembelit akan hilang dengan sendirinya.

Manfaat Daun Pandan Lainnya

Daun pandan memiliki kegunaan lain selain untuk kesehatan dan kecantikan. Daun pandan dikenal dengan aromanya yang bisa membuat setiap masakan memiliki wangi yang khas. Selain itu tanamannya yang mudah didapat, membuat kebanyakan orang memilih daun ini sebagai bumbu rahasia bagi masakannya. Berikut kegunaan dari daun pandan untuk hal lain.

  1. Sebagai Pengharum Ruangan

Bagi sahabat tani yang suka dengan wewangian alami dan memberikan sensasi menenangkan, daun pandan dapat menjadi pilihan Anda. Cara membuatnya cukup mudah, hanya perlu membuat irisan tipis dari daun pandan, kemudian diletakan di setiap ruangan yang diinginkan. Selain itu, aromanya bisa membasmi serangga kecil, karena mengandung senyawa kimia.

  1. Sebagai Bumbu Masakan

Kegunaan yang satu ini memang merupakan awal dikenalnya daun pandan, yaitu sebagai bumbu masakan. Dalam penggunaannya sendiri, biasanya daun pandan digunakan untuk memasak aneka kue. Karena ketika dipanaskan dan diolah, daun pandan akan mengeluarkan rasa manis. Selain itu, aromanya sendiri dapat membuat makanan lebih menarik perhatian orang.

  1. Sebagai Pembungkus Makanan

Selain bisa diolah untuk membuat suatu masakan, daun pandan ini juga bisa digunakan untuk membungkus makanan. Sama halnya seperti daun pisang, daun pandan dapat menjadi alternative lain seperti penggunaan bungkus nasi ketika masih panas. Selain itu, aromanya yang khas membuat nasi bisa lebih menggoda untuk dikonsumsi.

Sahabat tani mungkin saja hanya mengenal daun pandan sebagai bumbu dapur saja. Nyatanya banyak manfaat daun pandan, yang belum diketahui oleh kebanyakan orang. Kegunaannya untuk kesehatan dan kecantikan, dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaannya yang mudah diperoleh di mana saja dan kapan saja, bisa membantu Anda mengatasi berbagai masalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *