Begini Cara Menanam Buah Cermai dan Manfaatnya

Diposting pada

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman buah yang sangat melimpah. Ada juga buah yang namanya jarang didengar oleh orang perkotaan. Salah satu nama buah tersebut adalah buah cermai. Buah yang satu ini memang langka, tetapi memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Itulah mengapa masih banyak orang yang menanam buah ini.Buah Cermai

Buah satu ini memiliki rasa yang masam. Selain itu, buah ini bisa menambahkan suplai vitamin C yang baik bagi peningkatan daya tahan tubuh. Bagi sahabat tani yang tertarik untuk menanam buah yang memiliki nama Phyllanthus acidus ini juga bisa menyimak melalui artikel di bawah ini. Bahkan, sahabat tani juga akan bisa mendapatkan informasi lainnya yang berkaitan dengan tanaman Phyllanthus Acidus.

Cara Menanam Buah Cermai

Sahabat tani yang berniat untuk menanam buah dengan nama latin Phyllanthus Acidus ini, bisa membeli bibitnya di berbagai tempat pembibitan di kota Anda. Bisa juga dengan membeli tanamannya di berbagai nursery, sehingga Anda hanya perlu untuk memindahkan tanamannya dari pot ke tanah saja. Apabila Anda memilih untuk membeli tanaman Phyllanthus acidus yang sudah besar, maka pilihlah yang sehat.

Ciri-cirinya tanaman yang sehat adalah berdaun hijau segar, memiliki batang yang kokoh, dan bebas dari berbagai hama serta penyakit. Jika sudah berhasil menanam dan memelihara Phyllanthus acidus yang dibeli, maka sahabat tani bisa mulai memperbanyak tanaman yang satu ini.

Cara termudah untuk melakukan pembibitan adalah menggunakan biji dari tanaman Phyllanthus Acidus ini. Ada tips dan trik yang perlu sahabat tani ketahui juga untuk bisa memilih biji buah cermai yang berkualitas, yaitu dengan menyimak artikel ini sampai selesai berikut.

  1. Pilih buah Phyllanthus acidus yang sudah matang, sehingga biji sudah memiliki cadangan makanan yang banyak untuk bisa tumbuh dengan baik. Ciri-ciri dari buah yang sudah matang adalah yang sudah terlepas dari batang pohon alias jatuh ke tanah.
  2. Kupas bagian daging buah Phyllanthus Acidus.
  3. Ambil biji dengan hati-hati, sehingga tidak ada biji Phyllanthus Acidus yang tergores.
  4. Rendam seluruh biji Phyllanthus Acidus tersebut ke dalam air selama satu malam dan sahabat tani akan mendapati fenomena dimana biji menjadi tenggelam.
  5. Buang biji Phyllanthus Acidus yang masih terapung, karena biji yang terapung menandakan bahwa biji tersebut tidak memiliki kualitas yang baik.
  6. Ambil seluruh biji cermai tersebut dan keringkan dengan jalan mengangin-anginkan selama 2 hari atau 3 hari.
  7. Buat media semai dengan campuran tanah liat, pasir, dan juga pupuk kompos sebanyak 2:1:1 dengan cara mengaduk sampai rata.
  8. Tekan tanah dengan menggunakan jari yang bersarung tangan sampai membentuk lubang sedalam 3–5 cm.
  9. Masukkan seluruh biji Phyllanthus Acidus semai satu per satu ke dalam lubang di pot pembibitan.
  10. Pastikan sahabat tani menutup setiap lubang yang sudah berisi biji Phyllanthus Acidus dengan menggunakan tanah.
  11. Letakkan pot pembibitan di bawah sinar matahari agar terkena hujan. Jika sahabat tani menanam buah Phyllanthus Acidus ini di musim kemarau, maka disarankan untuk menyiram secara rutin. Usahakan jangan sampai terlalu basah juga.
  12. Buang setiap gulma yang tumbuh dalam pot pembibitan Phyllanthus Acidus untuk mencegah kompetisi penggunaan kompos yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman utama.
  13. Amati selama satu bulan dan sahabat tani akan mendapati adanya Phyllanthus Acidus yang sudah tumbuh menghasilkan 3 sampai 4 helai daun.
  14. Pindahkan seluruh tanaman kecil Phyllanthus Acidus ke dalam polybag. Pemindahan dilakukan guna menyediakan tempat yang cukup luas untuk bibit supaya terus tumbuh. Cobalah untuk membongkar tanaman secara hati-hati, supaya tanaman Phyllanthus Acidus kecil tersebut tidak rusak.
  15. Sirami tanaman Phyllanthus Acidus dalam polybag secara teratur dan siangi gulmanya serta berikan pupuk kompos kembali setelah satu bulan.
  16. Apabila tanaman Phyllanthus Acidus sudah tumbuh dan memiliki ketinggian 30–40 cm, maka sahabat tani bisa memindahkannya di tanah pekarangan rumah.

Manfaat Daun Cermai

Daun dari pohon tidak hanya diperbanyak untuk dijual saja, melainkan buah ini juga bisa dikonsumsi dan memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Penasaran dengan apa saja manfaat dari buah Phyllanthus Acidus, maka simak ulasan berikut ini.daun cermai

  1. Penurunan Kolesterol

Sahabat tani yang memiliki pola makan kurang sehat seperti memakan makanan berkolesterol dan berlemak, maka harus waspada terhadap bahaya dari lemak jahat untuk aliran darah. Imbas dari kolesterol tersebut adalah muncul penyakit serius, seperti jantung, stroke, dan tekanan darah tinggi, sehingga harus ditangani secepat mungkin ke dalam batas yang normal.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, yaitu dengan konsumsi buah Phyllanthus Acidus. Cara ini termasuk ke dalam kategori obat pencegahan yang murah dan mudah didapatkan. Buah Phyllanthus Acidus memiliki banyak vitamin dan juga antioksidan yang bisa mencegah terjadinya penumpukan kolesterol dalam pembuluh darah atau biasa disebut aterosklerosis.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pada dasarnya, hampir setiap buah memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan, termasuk Phyllanthus Acidus. Anda yang seringkali sembelit dan merasa perut begah alias tidak enak, bisa menggunakan buah Phyllanthus Acidus sebagai obat alami untuk melancarkan pencernaan. Cukup dikonsumsi setiap hari, maka kandungan serat Phyllanthus Acidus akan segera bekerja pada pencernaan.

  1. Antiinflamasi Alami

Pengobatan zaman sekarang memang sudah berkembang dengan pesat, tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa obat alami adalah yang terbaik dan tidak memiliki efek samping yang parah. Anda yang sering mengalami infeksi pada tubuh, artinya sedang mengalami serangan bakteri maupun virus. Maka dari itu, sahabat tani perlu memakan buah Phyllanthus Acidus.

Buah cermai memiliki kandungan antibacterial, antiviral, dan antiinflamasi. Hasil ini sudah dibuktikan melalui Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences yang rilis pada 2010 dengan judul “Antibacterial Potential of Some Herbal Preparation”.  Sahabat Tani bisa mengonsumsi Phyllanthus Acidus dengan rutin agar bisa mencegah peradangan.

Cara Mengonsumsi Buah Cermai

Buah Phyllanthus Acidus tidak hanya bisa diolah menjadi manisan, sehingga Anda yang suka makanan asam dan gurih bisa memakannya juga. Sahabat tani bisa menggunakan buah ini untuk memasak. Bahkan, ada sebagian juga dipakai untuk masakan gulai ikan. Anda yang juga menyukai rujak bisa memasukkan Phyllanthus Acidus sebagai salah bahan rujak.

Sahabat tani yang tidak terlalu suka dengan rasa manis atau asam, bisa mengolah buah Phyllanthus Acidus menjadi setup yang dipanaskan dengan cara direbus, sehingga mengurangi rasa masam dan tetap sehat dikonsumsi secara rutin. Hebatnya lagi, sahabat tani bisa mengolah buah ini menjadi salah satu bumbu garang asem, agar menjadi semakin segar.

Harga Buah Cermai

Buah cermai bukan buah yang lazim ditemui, biasanya masyarakat akan membeli dalam jumlah yang sedikit. Buah Phyllanthus Acidus ini biasa dijual dalam bentuk kemasan kecil 500 gram atau paling banyak 1 kg dengan harga Rp 50.000–Rp 105.000. Saat ini, sahabat tani tidak harus membeli melalui pengepul di pasar.

Sahabat tani mencoba coba menjual melalui toko online, sehingga tidak memerlukan distributor alias tangan ketiga, sehingga Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Bahkan, agar lebih menarik sahabat tani juga bisa menjual buah Phyllanthus Acidus ini dalam bentuk manisan. Ada juga buah cermai yang dijual di supermarket dengan kemasan menarik.

Sahabat tani sekarang sudah memahami bukan bahwa buah cermai ini mudah dikembangkan dan juga hasilnya bisa dijual atau dikonsumsi sendiri. Bisa juga menjual dengan cara mengedukasi pembeli terlebih dahulu, sehingga calon konsumen bisa paham akan manfaat dari buah dengan nama latin Phyllanthus Acidus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *