Akuarium Ikan Cupang yang Pas beserta Hiasan Tanaman Hiasnya

Diposting pada
Akuarium Ikan Cupang
Akuarium Ikan Cupang Sumber : instagram.com

Akuarium Ikan Cupang yang Pas beserta Hiasan Tanaman Hiasnya

Ikan cupang selain dijadikan ikan laga, sering juga dipelihara karena keindahannya. Menempatkannya ikan dalam akuarium ikan yang pas tentunya menjadi hal yang sangat penting. Begitu pula dengan hiasan-hiasannya. Simak ulasan mengenai akuarium ikan cupang berikut ini.

Pentingnya Menentukan Ukuran Akuarium Ikan Cupang

Bagi Anda yang sudah berpengalaman mungkin tidak terlalu sulit untuk memilih wadah ikan cupang yang sesuai. Namun bagaimana dengan pemula? Tentunya Anda harus memahami kriteria akuarium ikan cupang yang pas.

Banyak sekali toko-toko ikan hias dan e-commerce yang menjajakan wadah ikan cupang dengan ukuran yang beragam. Para pemula tentunya akan merasa kesulitan untuk memilihnya. Hal tersebut karena sedikitnya pengetahuan mengenai perawatan ikan cupang yang baik dan benar.

Jika Anda hendak memelihara ikan cupang, maka perlu diperhatikan bahwa setiap ikan cupang memerlukan pemeliharaan dan ukuran akuarium yang berbeda-beda. Fatal akibatnya apabila Anda salah dalam memilih akuarium ikan cupang minimalis, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Berapakah Ukuran Akuarium Ikan Cupang yang Ideal?

Ukuran ideal akuarium ikan cupang laga dan ikan cupang hias memang berbeda. Kali ini akan dibahas mengenai ukuran akuarium ikan cupang hias. Untuk menentukan ukuran akuarium, semua tergantung jenis ikan yang sahabat tani pelihara.

Jenis ikan cupang hias antara lain adalah double tail, halfmoon, plakat, serit, giant, dan lainnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan ukuran akuarium ikan-ikan tersebut adalah pilihlah akuarium dengan ukuran tiga kali dari panjang tubuh ikan cupang, yaitu diukur dari ujung ekor hingga mulut.

Contohnya, Apabila seekor ikan cupang memiliki panjang keseluruhan 6 cm, maka ukuran akuariumnya adalah 6 x 3 yaitu 18 cm. Ukuran akuarium adalah tiga kali dari panjang tubuh ini berlaku juga untuk ikan cupang tipe giant yang merupakan ikan cupang terbesar.

Aturan di atas adalah sebuah standar akuarium secara umum untuk perawatan ikan cupang. Akuarium tersebut bisa Anda pilih dari bahan akrilik maupun kaca.

Oleh karena itu, Anda juga bisa memilih akuarium dengan ukuran 15 cm x 15 cm x 15 cm yang lebih mudah dalam pergantian air dan perawatan lainnya. Jika air mudah dibersihkan, ikan cupang pun akan sehat dan hidup lebih lama serta tidak gampang mati.

Namun, apabila Anda menggunakan wadah toples untuk ikan cupang, sebaiknya pilih wadah dengan kapasitas volume air 2 sampai 4 liter.

Jangan Sampai Salah Memilih Ukuran Akuarium Ikan Cupang

Kelangsungan hidup ikan cupang bisa terancam apabila salah memilih ukuran akuariumnya. Berbagai penyakit bisa mudah datang menyerang ikan cupang, sehingga ujung-ujungnya bisa merusak sirip-sirip ikan cupang yang indah.

Pencinta ikan cupang tentu menginginkan ikannya hidup lama dan nampak indah. Oleh karena itu, memilih ukuran akuarium merupakan langkah pertama yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ikan cupang.

Menggunakan gelas ikan cupang bekas bukanlah tempat yang baik untuk kelangsungan hidup ikan cupang. Meski dikatakan bahwa ikan cupang memiliki organ labirin, namun ia memiliki ketahanan hidup yang kuat di volume air yang sedikit dan minim oksigen. Apakah hal tersebut benar adanya?

Ikan cupang memang bisa hidup di wadah demikian hingga satu minggu lebih, bahkan tanpa diberi makan. Namun, kondisi ikan cupang yang ditempatkan di wadah seperti itu tidak sehat. Ikan cupang akan nampak keterbatasan ruang sehingga ia sulit bergerak. Bahkan, ikan akan merasa sakit dan bisa sekarat. Tentunya, terjadinya hal tersebut tidak diinginkan bukan?

Menggunakan wadah kecil untuk tempat ikan cupang memang bisa disebut menghemat, tetapi wadah seperti itu akan membahayakan bagi ikan dan hal tersebut tidak direkomendasikan. Anda harus memerhatikan hal ini sebelum menentukan akuarium

Tanaman Terbaik untuk Hiasan Akuarium Ikan Cupang

Tidak lengkap rasanya apabila akuarium tanpa hiasan, termasuk untuk ikan cupang. Berikut beberapa tanaman terbaik untuk hiasan akuarium ikan cupang agar tampak lebih indah.

  1. Anacharis

Tanaman anacharis mudah dirawat, sehingga tanaman ini cocok untuk pemula. Anacharis mampu menghilangkan kotoran berbahaya dalam air misalnya amonia, tanaman ini juga merupakan oksigenator yang baik. Ketika melihat akuarium ikan mas koki di pasar, Anda mungkin pernah melihat tanaman yang dikenal pula dengan nama elodea ini.

Anacharis memiliki bentuk seperti batang panjang berwarna hijau dan terdapat daun-daun pedang kecil serta datar yang membentuk batang. Tanaman ini bisa ditempatkan di akuarium dengan membiarkannya mengapung atau bisa ditanam atau diikat ke tempat tertentu. Selain itu, Anda tidak membutuhkan pupuk karena tanaman ini mudah berkembang biak dan tidak berakar.

  1. Java Fern

Java fern berwarna hijau yang segar dan juga subur bagus untuk dijadikan hiasan di akuarium. Anda dapat  menempatkan tanaman ini di akuarium ikan cupang dengan menambahkannya di sepotong kayu apung.

Di air yang tidak bersirkulasi, tanaman ini bisa bertahan dengan baik di air. Dalam kondisi pencahayaan sedang hingga rendah pun tanaman ini bisa hidup dengan baik. Bentuk java fern menyerupai “Lengan” yang panjang dan ia mengalir bersama air dan Anda tidak harus memendam akarnya karena dapat membusuk.

Oleh karena itu, gunakanlah tali pancing yang bagus untuk mengikat tanaman ini di bagian tempat akuarium yang Anda inginkan. Hati-hati dalam pemilihan tanaman hias java fern, hal itu bisa tertukar dengan java moss. Karena java moss bersifat memenuhi area berenang ikan dan bisa tumbuh liar.

  1. Amazon Sword

Tanaman ini merupakan tanaman asli yang berasal dari lembah sungai Amazon. Amazon Sword sangat mudah beradaptasi dalam pertumbuhannya. Tanaman ini memiliki daun menonjol dari bentuk akar yang rata mirip pedang dan panjang. Amazon sword terbagi lagi menjadi beberapa jenis, namun kebanyakan jenis amazon sword lebih cocok ditempatkan di akuarium besar daripada yang kecil.

Perlu sahabat tani ketahui bahwa tanaman ini harus ditanam ke dalam substrat dengan kedalaman 10 cm. tanaman ini juga dianjurkan untuk dipupuk, selain itu tanaman ini juga memiliki akar yang banyak dan besar.

  1. Hygro – Hygrophila

Tanaman ini akan tumbuh subur jika dalam kondisi akuarium ikan  cupang yang optimal. Dedaunan Hygro akan semakin padat seiring banyaknya cahaya yang disediakan. Karena dedaunannya yang berbentuk oval, tanaman ini nampak sangat cantik. Selain itu, terdapat pula daunnya yang tumbuh dari batang tengah dan runcing seperti pedang.

Agar tetap berakar, sahabat tani sebaiknya mengubur bagian bawah tanaman ini atau membuat substrat pasir halus agar tetap berakar dan tetap menawan. Tanaman ini tidak memerlukan pemupukan, namun apabila diberi pupuk, tanaman ini akan tumbuh lebih penuh.

  1. Hornwort

Tanaman air ini hidup mengalir dan panjang menyerupai Java fern. Namun, perlu diingat bahwa hornwort mudah memenuhi sebuah akuarium. Anda bisa menempatkan tanaman ini secara vertikal ke arah belakang dan menambahkan tanaman hias lain yang lebih kecil di bagian depan akuarium. Hal tersebut dilakukan agar tercipta aquascape yang menawan.

Pemeliharaan ikan cupang memang harus dilakukan dengan tepat, termasuk dalam pemilihan akuarium dan hiasannya. Semoga uraian di atas dapat membantu sahabat tani untuk memelihara ikan cupang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *