7 Manfaat Koperasi Pengertian, Jenis dan Fungsi

Berbagai kalangan di masyarakat sering kebingungan ketika berbicara mengenai uang. Sudah sejak lama koperasi sebenarnya bisa diandalkan untuk meningkatkan kemampuan finansial. Menjadi bagian dari proses menyejahterakan rakyat berdasarkan manfaat koperasi yang dirasakan anggotanya. Ada banyak jenis koperasi yang didirikan di Indonesia dan hampir semuanya berkinerja baik.

Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan dan menggunakan salah satu koperasi. Sahabat tani melihatnya dari jumlah anggota yang ikut serta di koperasi tersebut. Terutama, setiap koperasi memang mengambil modal awal dari seluruh anggotanya dan sahabat tani harus berhati-hati.

Manfaat Koperasi (Logo Koperasi baru)
Sumber : Kontan

Pengertian Koperasi

Koperasi didirikan dengan asas kekeluargaan dari anggotanya sebagai badan hukum. Setiap koperasi selalu menggunakan prinsip berdasarkan ekonomi kerakyatan. Koperasi yang dibentuk biasanya memiliki tujuan untuk menyejahterakan anggotanya. Membuat seluruh anggota mendapatkan keuntungan dari kemajuan koperasi yang dikelola secara bersama tersebut.

Keuntungan yang didapat, nantinya akan dibagikan kepada para anggota aktif koperasi. Kata cooperation memiliki makna kerja sama, jika dalam bahasa Inggris. Sistem yang digunakan juga menggunakan asas demokrasi dan bisa didirikan oleh siapapun. Dasar modal dari koperasi yang didirikan diambil dari anggotanya untuk kebutuhan bersama.

Baca Juga : 7 Komoditas Ekspor Indonesia yang Mendunia

Manfaat Koperasi

Meningkatkan Kesejahteraan Anggota

Koperasi sengaja dibuat untuk mendukung kesejahteraan rakyat, terutama di Indonesia. Saat ini, pengguna jasa koperasi semakin banyak dan meringankan beban ketika menjadi anggota. Salah satu contoh utama adalah menjadi anggota dari KPS atau koperasi simpan pinjam. Fungsi sebagai tempat untuk memberikan pinjaman atau menyimpan uang kepada anggota layaknya bank.

Cara ini ternyata mampu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menabung. Selain itu, banyak masyarakat yang mulai sejahtera karena bisa mendapatkan modal usaha dengan mudah. Terutama untuk meminjam dana yang terbilang jumlahnya cukup rendah. Sahabat tani bisa menemukan koperasi terdekat yang sudah terpercaya dan memiliki nama yang terbaik untuk dicoba.

Memberikan Kesempatan bagi Pebisnis Muda

Jumlah pebisnis di Indonesia memang memiliki jumlah yang lumayan banyak. Hal yang terlihat dan semakin meningkat adalah munculnya bisnis anak muda yang tidak kalah kompetitif. Faktanya, koperasi juga mendapatkan peran penting untuk membangun berbagai kesempatan berbisnis. Banyak anak muda yang berkesempatan untuk membangun bisnis baru dan mendapatkan dana pinjaman.

Manfaat koperasi ini yang menjadikan Indonesia bisa semakin makmur di bidang ekonomi. Sahabat tani yang saat ini sudah memiliki semangat untuk membuka bisnis baru dan terhalang dana. Semua itu bisa diatasi dengan menjadi anggota koperasi dan mulai meminjam dana yang ringan untuk menggantinya. Semakin terbuka kesempatan berbisnis, maka semakin besar peluang majunya negara.

Senantiasa Menyediakan Kebutuhan bagi Anggotanya

Sudah menjadi suatu hal yang pasti, jika koperasi memang bertujuan untuk membantu anggotanya. Dibentuk berdasarkan modal dari anggota, kemudian mulai membantu para anggotanya. Setiap kebutuhan bagi anggotanya senantiasa akan terpenuhi. Pinjaman dana juga tidak akan memberatkan peminjam dan lebih ringan dibandingkan dengan bank juga penyedia dana lainnya.

Jenis dari koperasi juga sangat beragam, namun yang sangat terkenal dan paling banyak digunakan adalah KPS atau Koperasi Simpan Pinjam. Berbeda dengan zaman dahulu, ketika banyak orang yang pergi ke koperasi untuk mendapatkan suatu barang. Kebutuhan saat ini lebih banyak dalam bentuk uang yang menjadi sumber untuk modal usaha atau melakukan bisnis.

Memberikan Kemudahan untuk Mendapat Modal Usaha

Salah satu manfaat yang paling dirasakan bagi banyak orang dan anggota koperasi adalah kemudahan mendapat modal. Ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh anggota koperasi ketika sudah menjadi mitra. Terutama, untuk mendapatkan modal yang mudah ketika akan melakukan usaha. Tentunya, syarat yang diberikan lebih mudah dibandingkan dengan pengajuan ke bank.

Beberapa syarat di antaranya seperti menanyakan sumber penghasilan, juga dana yang akan dipinjam. Selain itu, sahabat tani harus menyebutkan usaha apa yang akan sahabat tani bangun. Membantu untuk meningkatkan kepastian peminjam dalam mengembalikan modal. Terutama untuk memperhatikan tingkat kesuksesan usahanya nanti.

Salah Satu Cara untuk Meningkatkan Ekonomi Rakyat

Banyak cara yang dapat dilakukan ketika akan meningkatkan ekonomi rakyat. Pemerintah bisa membangun beberapa cara seperti meningkatkan keberadaan koperasi. Budaya saat ini adalah menjadikan koperasi sebagai salah satu sumber dana yang penting. Peningkatan ekonomi dinilai bisa mendapatkan pengaruh dari keberadaan koperasi.

Ketika banyak orang bisa menjadi anggotanya tanpa syarat yang rumit. Sahabat tani hanya perlu mengikuti syarat-syarat yang tersedia. Terutama koperasi selalu mendukung berbagai kebutuhan rakyat menengah kebawah.

Meningkatkan Keadilan dalam Berekonomi

Salah satu hal yang penting untuk dicapai bagi masyarakat adalah mendapatkan keadilan yang sama. Hal itu ternyata bisa diatasi dengan keberadaan koperasi di Indonesia. Saat ini, semua orang bisa mendapatkan berbagai kebutuhan yang diinginkan. Di mulai dari uang, hingga barang atau jasa ketika menjadi anggota dari salah satu koperasi.

Baca Juga : 41 Peluang Usaha di Bidang Pertanian, Perikanan, Perkebunan dan Peternakan

Cara untuk Meningkatkan UKM di Indonesia

Jiwa berbisnis dan berusaha harus selalu tumbuh di masyarakat. Untuk membantu dalam meningkatkan kesejahteraan yang pasti bagi rakyatnya. UKM ternyata bisa menjadi sumber kesuksesan suatu negara untuk mencapai kemakmuran. Ketika rakyatnya tidak kesulitan untuk mencari bidang ekonomi yang diinginkan, hingga berbagai keuntungan lainnya.

Logo Koperasi lama
Sumber : Senibudaya

Jenis-Jenis Koperasi

  1. UU No.25/1999 (Koperasi Primer dan Sekunder)

Jenis koperasi primer didirikan oleh anggotanya, biasanya dalam bentuk perorangan atau perseorangan. Berbeda dengan jenis koperasi dalam bentuk sekunder yang didirikan oleh anggota atau badan koperasi lainnya.

  1. Koperasi Konsumen

Selanjutnya, ada jenis koperasi konsumen yang tugasnya adalah menyelenggarakan pelayanan jasa. Jasa di sini dalam bentuk penyediaan barang, terutama bagi kebutuhan anggota. Jika ada non anggota yang membutuhkan, tidak menutup kemungkinan untuk mendapatkannya.

  1. Koperasi Produsen

Bidang yang dipegang oleh koperasi produsen adalah menyelenggarakan pelayanan pada bidang sarana produksi. Biasanya dalam bentuk pemasaran produksi yang dibuat oleh anggotanya. Kemudian, dapat dinikmati oleh anggota atau non anggota tersebut.

  1. Koperasi Jasa

Melakukan kegiatan usaha dalam bidang pelayanan jasa. Bentuknya juga tidak sama dengan simpan pinjam dan bisa digunakan oleh anggota atau non anggota.

  1. Koperasi Simpan Pinjam

Jenis koperasi ini memang menjadi yang terpopuler dibandingkan yang lainnya. Memberikan pelayanan untuk menjalankan usaha, seperti menyimpan atau meminjam uang. Memberikan layanan hanya untuk anggota koperasi tersebut saja.

Fungsi Koperasi

Sudah disebutkan secara pasti pada Pasal 4 UU No. 25/1992 tentang empat fungsi utama dari koperasi. Hal yang pertama adalah untuk membangun potensi dari kemampuan ekonomi anggota yang ada. Terutama, untuk masyarakat yang biasanya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi serta sosialnya.

Fungsi yang kedua, berhubungan dengan peran koperasi untuk secara aktif melakukan tugas dan kegiatannya. Seperti meningkatkan kualitas di bidang kehidupan masyarakat yang menjadi anggotanya. Untuk yang ketiga adalah bertujuan untuk memperkuat ekonomi rakyat atas dasar kekuatan dan pertahanan ekonomi nasional.

Bagian keempat yang terakhir adalah untuk mewujudkan dan mengembangkan ekonomi nasional yang ditekankan dalam bidang usaha Bersama dari asas kekeluargaan dan demokrasi.

Sahabat tani bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjadi anggota koperasi. Manfaat koperasi menjadi salah satu bagian mengapa banyak orang di Indonesia menjadi lebih sejahtera. Asas kerja sama yang digunakannya memang mampu membentuk rasa gotong royong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *