12 Manfaat Cengkeh untuk Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sangat familiar. Sudah dari zaman dulu, cengkeh dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, bahan obat herbal maupun bahan campuran pembuatan rokok. Ternyata, jenis rempah yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Banyak sekali manfaat cengkeh bagi kesehatan yang belum banyak diketahui.

Selain sebagai bahan bumbu masakan, minuman atau pembuatan rokok, rempah ini sering digunakan sebagai bahan untuk obat herbal. Bukan hanya buahnya saja yang bisa dimanfaatkan, namun bunga dan daunya juga kaya manfaat. Bahkan, minyak cengkeh dimanfaatkan sebagai obat oles yang fungsinya untuk meredakan rasa nyeri yang diakibatkan karena sakit gigi dan sebagai bahan aromaterapi.

Manfaat cengkeh
Sumber : Komunitas Kretek

Kandungan Nutrisi di Dalam Cengkeh

Cengkeh memiliki ciri khas dari baunya yang cukup aromatik dan rasanya yang manis. Rempah ini bisa sahabat tani temukan dalam bentuk utuh, minyak maupun dalam bentuk bubuk. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, cengkeh kaya akan kandungan nutrisinya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada cengkeh meliputi vitamin, serat dan mineral yang memiliki penting untuk kesehatan tubuh manusia. Dalam setiap 2 gram cengkeh atau 1 sendok teh mengandung kalori, kalsium, serat, karbohidrat, protein, mangan lemak, vitamin C, E dan K.

Cengkeh tidak hanya kaya mineral dan vitamin, namun mengandung zat antioksidan alami. Dengan menambahkan cengkeh dalam olahan makanan Anda, maka bisa membantu meningkatkan kebugaran tubuh secara alami.

Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

Kandungan nutrisinya yang cukup lengkap di dalam cengkeh, membuat rempah ini dapat digunakan sebagai bahan utama obat herbal yang berguna dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan, di antaranya adalah:

Mengurangi Rasa Nyeri

Nyeri yang disebabkan oleh sakit gigi dapat diatasi menggunakan minyak cengkeh dengan cara dioleskan. Sehingga, rasa nyeri pada gusi yang membengkak akan mereda, karena efek dari senyawa eugenol di dalam cengkeh. Kandungan antioksidannya juga berfungsi sebagai antijamur dan antikuman.

Mengatasi Tukak Lambung

Tukak lambung sering terjadi karena dapat meningkatnya asam lambung atau lapisan lendir pada lambung. Hal itu dipengaruhi karena beberapa faktor, seperti terjadinya infeksi atau stres. Mengonsumsi cengkeh secara teratur akan dapat mengatasi masalah tukak lambung.

Minyak esensial yang terkandung dalam cengkeh mampu meningkatkan produksi lendir di dalam lambung. Sedangkan lendir lambung ini sangat berperan aktif untuk mencegah terjadinya luka pada bagian dinding lambung yang disebabkan karena kurangnya cairan.

Memperbaiki kesehatan Hati

Senyawa eugenol pada cengkeh, dipercaya dapat meningkatkan kesehatan pada organ hati. Penelitian di sebuah laboratorium menyampaikan bahwa kandungan senyawa eugenol pada cengkeh tersebut berfungsi untuk meningkatkan fungsi hati dan mampu mengatasi peradangan.

Kandungan senyawa eugenol juga dipercaya dapat mencegah terjadinya sirosis. Namun faktanya, manfaat cengkeh untuk kesehatan hati ini masih sangat minim, sehingga dibutuhkan penelitian lebih lanjut lagi untuk bukti yang lebih akurat

Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang disebabkan karena kurangnya asupan kalsium di dalam tubuh. Jika hal itu berkelanjutan, maka dapat menyebabkan osteoporosis. Sebuah penelitian membuktikan bahwa senyawa eugenol pada cengkeh mampu meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Selain itu, cengkeh juga mengandung mangan yang berfungsi untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang.

Mencegah Pertumbuhan Bakteri

Sifat antibakteri pada cengkeh berfungsi untuk menghentikan perkembangan bakteri yang bisa menyebabkan infeksi. Sebuah studi menyampaikan bahwa kandungan minyak esensial pada cengkeh terbukti efektif dalam membunuh bakteri yang menyebabkan diare.

Cengkeh juga dapat meningkatkan kesehatan mulut dan mampu mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut. Keefektifan sifat antibakteri pada cengkeh tersebut mampu menghambat pertumbuhan kuman yang dapat menyebabkan kulit berjerawat.

Manfaat cengkeh 1
Sumber : Halodoc

Mencegah Terjadinya Ejakulasi Dini

Minyak cengkeh diyakini dapat mencegah terjadinya ejakulasi dini. Menurut beberapa penelitian, bahwa mengoleskan minyak cengkeh atau krim yang mengandung bunga cengkeh pada penis yang dicampurkan dengan bahan-bahan lain, seperti ginseng mampu mencegah terjadinya ejakulasi dini dan hasilnya cukup efektif.

Menyeimbangkan Gula Darah dalam Tubuh

Ekstrak cengkeh mampu bekerja secara efektif dalam mengatur gula darah di dalam tubuh menjadi stabil. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk menambahkan rempah cengkeh di dalam makananya. Kandungan zat di dalam cengkeh berfungsi untuk meningkatkan penyerapan gula, dengan begitu tubuh mampu memproduksi insulin dengan baik.

Melindungi Tubuh dari Sel Kanker

Senyawa eugenol pada cengkeh memiliki sifat antikanker yang dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol secara efektif mampu mencegah terjadinya kanker serviks pada wanita.

Selain itu, menurut penelitian yang lain mengemukakan bahwa ekstrak cengkeh juga mampu menghentikan pertumbuhan sel tumor dan mematikan sel kanker di dalam tubuh. Namun, perlu sahabat tani ketahui bahwa senyawa eugenol yang berlebihan dapat menimbulkan keracunan pada seseorang.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Memiliki daya tahan tubuh yang baik menjadi keinginan setiap orang. Seseorang dengan kondisi sehat dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa suatu gangguan apapun. Untuk meningkatkan imun atau daya tahan tubuh, sahabat tani bisa mengonsumsi cengkeh secara teratur.

Senyawa eugenolnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih baik, dan meningkatkan produksi sel darah putih. Selain itu, kandungan nutrisi lain pada cengkeh juga dapat menunda hipersensitivitas. Jadi, untuk mendapatkan tubuh yang bugar, maka Anda bisa memanfaatkan cengkeh untuk dikonsumsi dengan rutin.

Meredakan Nyeri Tenggorokan dan Batuk

Batuk berdahak merupakan penyakit yang tidak kunjung sembuh, dan akan sangat mengganggu rutinitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, sahabat tani bisa memanfaatkan cengkeh dengan mengonsumsinya secara teratur.

Kandungan nutrisi di dalam cengkeh mampu memperlancar dahak yang sulit keluar pada tenggorokan. Selain itu, cengkeh juga memiliki efek antibakteri dan antinyeri yang berfungsi untuk meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Cengkeh juga terbukti ampuh untuk meredakan rasa gatal di tenggorokan.

Mengatasi Sakit Kepala

Cengkeh ternyata juga bermanfaat untuk meredakan sakit kepala dengan cepat. Kalau sahabat tani merasakan sakit kepala, maka bisa mencoba untuk mengonsumsi susu yang ditambah dengan bubuk cengkeh secukupnya.

Pereda Rasa Nyeri

Secara tradisional, cengkeh terbukti ampuh untuk mengatasi rasa nyeri yang diakibatkan karena terjadinya peradangan. Kandungan senyawa kimia pada cengkeh memiliki sifat antinyeri dan antiradang, sehingga dapat memperbaiki sel-sel saraf yang rusak. Kandungan senyawa eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah kerusakan sel saraf dan juga sebagai antiradang.

Untuk menghindari hal-hal seperti reaksi alergi, terjadinya iritasi pada kulit, dan gangguan lain yang tidak Anda harapkan, maka sebelum menggunakan herbal yang satu ini, sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagi ibu hamil, ibu menyusui, anak-anak dan seseorang yang diketahui memiliki gangguan hati, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi cengkeh. Meskipun manfaat cengkeh bagi kesehatan cukup banyak, akan tetapi perlu sahabat tani ingat bahwa menggunakan herbal cengkeh harus disertai dengan petunjuk dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *