10 Aplikasi Pertanian yang Sangat Cocok untuk Meningkatkan Penjualan Hasil Tani

Diposting pada

Alat penunjang pertanian saat ini sudah semakin bervariasi terutama yang berbasis teknologi. Hal tersebut karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga aplikasi pertanian saat ini pun semakin bermunculan. Ditambah, saat ini semakin banyak kalangan yang sudah memiliki smartphone.

Aplikasi Pertanian
Sumber :twitter.com

Manfaat Aplikasi Pertanian

Aplikasi pertanian muncul dan memberikan manfaat baik untuk petani maupun konsumen. Manfaat-manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Jangkauan pasar yang lebih luas bagi para petani yang akan memasarkan hasil panennya.
  2. Memberikan pilihan harga terbaik untuk pembeli.
  3. Kemudahan akses bagi petani maupun pembeli.
  4. Meningkatkan volume perdagangan hasil panen.
  5. Kemudahan akses informasi pertanian untuk petani.

Berikut merupakan 10 aplikasi pertanian yang bisa diunduh sehingga dapat membantu Sahabat Tani mengetahui dan memantau informasi seputar pertanian.

10 aplikasi pertanian yang bisa diunduh

  1. Aplikasi Petani

Aplikasi Petani
play.google.com

Aplikasi ini memang dibuat khusus untuk para petani, hal tersebut sesuai dengan namanya. Untuk membantu meningkatkan produktivitas hasil tanaman pertanian Anda dan orang-orang sekitar, memang diperlukan aplikasi yang berisi penyuluhan online seperti Aplikasi Petani.

Namun, Anda tetap bisa mengambil manfaat dari aplikasi ini meskipun bukan seorang petani. Para petani bahkan bisa bertanya langsung pada pakarnya melalui aplikasi ini. Misalnya untuk mengetahui cara budidaya tanaman yang baik, hingga informasi mengenai hama dan penyakit yang berbahaya bagi tanaman.

Dengan memanfaatkan aplikasi ini, sahabat tani juga mendapatkan penyuluhan dan berbagai hal yang berkaitan dengan pertanian. Cara online pun digunakan karena sifatnya yang fleksibel, yaitu bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

  1. Aplikasi Pak Tani Digital

Paktani Digital
youtube.com

Fitur lengkap dalam satu aplikasi membuat aplikasi ini pas untuk digunakan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melakukan pengecekan harga sebelum membeli barang langsung dari petani hingga sampai ke konsumen akhir.

Untuk memilih ekspedisi mana yang bisa digunakan untuk proses pengiriman, Anda bisa menggunakan fitur transporter. Selain itu, aplikasi ini tersedia untuk platform android maupun web.

Mapping harga dan komoditi hasil pertanian juga bisa dilihat via aplikasi Pak Tani Digital sehingga benar-benar memberikan kemudahan. Aplikasi ini pun tidak hanya memiliki data terupdate saja, melainkan data record selama dua tahun terakhir.

  1. Aplikasi LimaKilo

Aplikasi LimaKilo
nusakini.com

Petani bisa langsung menjual hasil taninya ke konsumen melalui aplikasi LimaKilo. Sehingga hal ini menjadi pilihan baru yang biasanya petani perlu menjual panennya ke tengkulak atau penadah. Selain rantai pasok hasil pertanian menjadi lebih cepat dan efektif, dengan penjualan langsung ini petani bisa mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.

Aplikasi LimaKilo tersedia dalam platform android dan website resminya yaitu limakilo.id. Aplikasi ini pun bisa sahabat tani pesan di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang. Dengan melakukan pemesanan hasil tani dengan aplikasi ini, itu artinya Anda telah berpartisipasi dalam membantu dan menyejahterakan petani.

  1. Aplikasi Pantau Harga

Aplikasi Pantau Harga
techno.okezone.com

Jika membutuhkan pasokan bahan baku dari petani, maka aplikasi satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Aplikasi Pantau  Harga juga menyediakan fitur tawar menawar dan hasil tani yang dijual langsung dari petani.

Aplikasi ini pun dilengkapi basis data harga yang bisa dijadikan acuan sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Terdapat tiga fitur utama yang bisa memudahkan Anda yaitu sebagai berikut.

  1. Fitur “Cek Harga” untuk melihat harga komoditas hasil pertanian di sekitar Anda.
  2. Fitur “Kirim Harga” untuk melaporkan harga komoditas hasil pertanian ke penjual sekitar Anda.
  3. Fitur “Jual Komoditas” yaitu fitur dalam aplikasi yang berfungsi untuk menjual komoditas hasil pertanian ke pengguna aplikasi lainnya.
  1. Aplikasi Simbah

Aplikasi Simbah
id.techinasia.com

Jika Anda selaku pelaku bisnis dan sedang mencari pasokan bahan baku, Aplikasi Simbah bisa menjadi pilihan. Terdapat dua kelebihan dari aplikasi ini. Yaitu Anda bisa membeli komoditi hasil pertanian dengan harga bersaing karena proses membeli langsung pada temui. Kelebihan kedua adalah kualitas produk sudah terjamin.

Yang difokuskan pada aplikasi ini adalah pemasaran B2B dan produktivitas. Oleh karena itu, untuk Anda yang memiliki bisnis di bidang pertanian aplikasi ini bisa menjadi pilihan. Selain itu, Aplikasi Simbah juga dilengkapi berbagai fitur sehingga dalam proses belanja, pelanggan menjadi lebih mudah.

Kolaborasi dan informasi dan pengalaman mengenai pertanian juga bisa dilakukan melalui aplikasi ini. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembelanjaan dalam skala bisnis/usaha sehingga bukan hanya sampai pada sambil pergi nanti.

  1. Aplikasi Agromaret
Aplikasi Agromaret
apkpure.com

Agromaret menjadi salah satu aplikasi pertanian dengan kualitas yang baik di Indonesia. Agromaret sudah muncul sejak 2009 lalu dan menjadi salah satu aplikasi pertanian yang berkelanjutan.

Agromaret sendiri memiliki posisi sebagai sentral informasi terlengkap mengenai perlengkapan misalnya mengurangi dominasi pasar dan menciptakan peluang pasar yang lebih luas. Agromaret membuktikan bahwa pemasaran online bisa dilakukan tidak hanya oleh perusahaan-perusahaan besar saja, tapi juga hasil tani petani kecil ikut terbantu untuk dijual.

  1. Aplikasi TaniHub
Aplikasi TaniHub
tanihub.com

TaniHub bisa menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi pertanian yang bisa digunakan pengguna Android maupun  iOS.  Bagi para petani, aplikasi ini memberikan banyak keuntungan. TaniHub bisa membantu para petani untuk menjangkau pelanggan lebih luas dengan mudah sehingga dapat membantu pemasukan para petani.

Dengan menjual hasil pertanian melalui aplikasi ini, para petani juga akan mendapat keuntungan sebesar 20 persen. Belasan ribu petani telah bergabung di TaniHub untuk menjual hasil taninya. Selain itu, aplikasi ini juga bekerja sama dengan lebih dari 30 perusahaan ritel dan tempat makan besar sehingga pasokan hasil tani bisa dijual dari para petani yang tergabung di aplikasi tersebut.

  1. Aplikasi Ci-Agriculture

Ci-Agriculture menjadi salah satu aplikasi pertanian di tanah air yang berkualitas. Aplikasi ini membantu petani saat akan melaksanakan langkah-langkah aktivitas pertanian seperti penanaman benih, pemupukan, pemberantasan hama, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga membantu dalam proses terhubungnya para petani dengan distributor, pasar, konsumen, hingga asuransi untuk petani.

  1. Rice Doctor

Rice Doctor merupakan aplikasi pertanian yang berisi informasi lengkap mengenai permasalahan yang sering dialami di bidang pertanian misalnya permasalahan hama, kekurangan zat hara, dan lain-lain. Dengan mengakses aplikasi ini, petani bisa dibantu untuk mendapat solusi yang tepat.

  1. Petani

Sesuai dengan namanya, aplikasi android ini memang dibuat untuk memberikan banyak kemudahan untuk para petani. Informasi seputar pertanian yang bisa diakses aplikasi ini adalah mengenai kendala-kendala yang seringkali dialami petani ketika menanam tanamannya sampai tiba waktu panen.

Selain bisa dimanfaatkan oleh petani, aplikasi Petani ini juga bisa digunakan oleh para pakar pertanian untuk berbagi seputar informasi pertanian sehingga ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan petani.

Berkembangnya teknologi saat ini memang banyak mempengaruhi berevolusinya cara penjualan suatu industri, tak terkecuali di bidang pertanian. Dengan kemunculan beberapa aplikasi pertanian di atas tentunya banyak membantu berbagai pihak baik petani maupun konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *